Jalan-Jalan ke Taman Sari Yogyakarta

   Selepas makan, ane emang udah merencanakan untuk keliling kota Yogyakarta dan kalo menggunakan transportasi umum sepertinya banyak memakan waktu karena tujuan destinasi wisatanya bukan satu tempat. Kebetulan Hotel Malioboro Garden menyewakan motor untuk 1 hari penuh hanya 80.000 aja guys. Ini hemat banget menurut ane tinggal ngisi aja bensin 20.000 sama paling biaya parkir. Persyaratannya cukup beri 2 identitas diri asli misal KTP sama kartu BPJS sebagai jaminan. Oh ya bagi yang belum liat cerita ane sebelumnya bisa ikutin jejak travel ke yogyakarta
     Oke rencana pertama kita langsung cuss ke keraton kita skip dulu pasar bringharjo biar beli oleh-oleh mah belakangan. Dari arah malioboro cukup lurus aja sampe stopan lampu merah atau dikenal dengan titik 0 km yogyakarta ( ituloh yang terkenal dengan gedung BNI nya yang gaya-gaya Belanda)
Titik 0 Yogyakarta
Titik 0 Yogyakarta
    Udah sampe keraton, sayang sekali ane dikasih tau kalo pada saat itu keraton tutup untuk umum karena memang sedang hari raya Idul Adha jadi ada upacara gitu. Sedih juga lain kali aja deh kesitu tapi rapopo masih banyak destinasi lainnya. caw selanjutnya mau ke taman sari nih. Dari keraton ga jauh tinggal ngikutin petunjuk maps aja. Tapi maps ga 100% akurat nyatanya ane salah masuk tempat haha. Ane soktau aja masuk ikutin bule-bule tapi setelah ditanya ke orang-orang disana, taman sari masih lurus lagi.
     Waktu itu kayanya udah tengah hari gila panas banget jauh hawanya sama di Bandung. Setelah menelusuri sana sini sampailah di Taman Sari, Pertama masuk ke tempat parkir langsung bayar 3.000. Langsung ga jauh dari situ jalan ke pintu masuk. Biayanya murah banget cuma 5.000 ajee. Di bandung mah paling murah masuk wisata 20.000. Oh ya fyi, kalo bawa kamera dikenakan biaya tambahan untuk nominalnya ane lupa (maklum pengen cepet masuk).
    Pertama masuk kita turun tangga dulu dan di dalem udah lumayan banyak pengunjung, yang bikin takjub sama kolam renangnya gila airnya jernih terus dinding-dindingnya keliatan tua jadi kesan sejarahnya dapet banget.
Taman Sari Yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta
    Gatau ini airnya bisa jernih gitu, kayanya sering dikuras. Kalo diliat ada 3 kolam utama. Ini dulunya dipake buat para istri, selir dan anak-anak raja dulu.
Kolam Taman Sari Yogyakarta
Kolam Taman Sari Yogyakarta
    Luas banget lumayan kolamnya dikelilingi pot bunga, terus di dindingnya kaya ada ukiran-ukiran. Kalo boleh nyebur pengen nyebur hehehe.
Kolam Taman Sari Yogyakarta
Kolam Taman Sari Yogyakarta
    Lanjut naik tangga lagi kita langsung disuguhin lapangan yang dibatasi dinding tinggi dengan ukiran. Mantul, kalo buat swafoto bagus nih latarnya. Ternyata dibalik dinding ini ada tangga sampe puncak.
Ujung Taman Sari Yogyakarta
Ujung Taman Sari Yogyakarta
     Oh ya sebelumnya antara tangga dan lapangan ada ruangan gelap gitu ane kurang tau fungsinya untuk apa waktu dulu. Puas keliling-keliling sebelah kanan dinding ternyata tembus ke rumah warga. Disana warga banyak yang jualan pernak-pernik khas yogya, makanan khas yogya, kaos dll.  Sambil liat-liat ternyata sudah sampai pintu keluar aja. Oh ya Taman Sari buka hingga jam 3 sore ya. Masih jam 1 siang ane bergegas pulang buat makan siang dan mandi. Karena masih siang kita berencana langsung pergi ke candi prambanan. 

Cerita Candi Prambanan

    


Share:

No comments:

Post a Comment

RANDOM

3/random/post-list

Popular Posts

Search This Blog

Powered by Blogger.

Cara Install Android di Raspberry PI 4

Android bisa loh diinstal di Raspberry PI 4 karena KonstaKang membangun Lineage OS 16.0 ANDROID 9. Tapi ini belum cocok untuk digunakan seh...

The Magazine

Facebook

Home Ads

Facebook

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

FACEBOOK

About

NEWSLETTER

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

Popular Posts

Recent Posts