Ruang Keadaan adalah sebuah ruang yang berisi keadaan yang mungkin terjadi dan bagaimana cara mendifinisikan masalah tersebut kedalam bentuk representasi algoritma.
Dalam meyelesaikan masalah dalam ruang keadaan adalah dengan :
- Identifikasi Masalah dalam ruang keadaan
- Menetapkan keadaan awal
- Menetapkan Tujuan
- Menganalisis beberapa teknik penyelesaian
- Menetapkan Kumpulan aturan penyelesaian
Representasi Ruang Keadaan dengan Graph Keadaan
Graph keadaan adalah salah satu cara untuk merepresentasikan ruang keadaan, graph keadaan
itu sendiri terdiri dari :
itu sendiri terdiri dari :
- node-node yang menunjukan keadaan yaitu keadaan awal dan keadaan baru yang akan di capai
- node-node saling dihubungkan menggunakan panah untuk menunjukan arah
Contoh Kasus penyelesaian game plastelina :
Kondisi awal :
- Pulau Kiri : (p,a,g,h) (1,1,1,1)
- Pulau Kanan : (p,a,g,h) (0,0,0,0)
Kondisi akhir :
- Pulau Kiri : (p,a,g,h) (0,0,0,0)
- Pulau Kanan : (p,a,g,h) (1,1,1,1)
Aturan :
- Petani Menyebrang
- Petani Kembali
- Ayam Menyebrang
- Ayam Kembali
- Gabah Menyebrang
- Ayam Kembali
- Gabah Menyebrang
- Harimau Kembali
Gambar source code
0 Komentar