Representasi Pengetahuan III (Ruang Keadaan)

Ruang Keadaan adalah sebuah ruang yang berisi keadaan yang mungkin terjadi dan bagaimana cara mendifinisikan masalah tersebut kedalam bentuk representasi algoritma.

Dalam meyelesaikan masalah dalam ruang keadaan adalah dengan :
  1. Identifikasi Masalah dalam ruang keadaan
  2. Menetapkan keadaan awal
  3. Menetapkan Tujuan
  4. Menganalisis beberapa teknik penyelesaian
  5. Menetapkan Kumpulan aturan penyelesaian
Representasi Ruang Keadaan dengan Graph Keadaan

Graph keadaan adalah salah satu cara untuk merepresentasikan ruang keadaan, graph keadaan 
itu sendiri terdiri dari :
  1. node-node yang menunjukan keadaan yaitu keadaan awal dan keadaan baru yang akan di capai
  2. node-node saling dihubungkan menggunakan panah untuk menunjukan arah
Contoh Kasus penyelesaian game plastelina :

Kondisi awal :
  1. Pulau Kiri : (p,a,g,h) (1,1,1,1)
  2. Pulau Kanan : (p,a,g,h) (0,0,0,0)
Kondisi akhir :
  1. Pulau Kiri : (p,a,g,h) (0,0,0,0)
  2. Pulau Kanan : (p,a,g,h) (1,1,1,1)
Aturan :
  1. Petani Menyebrang
  2. Petani Kembali
  3. Ayam Menyebrang
  4. Ayam Kembali
  5. Gabah Menyebrang
  6. Ayam Kembali
  7. Gabah Menyebrang
  8. Harimau Kembali 
Gambar source code

Share:

No comments:

Post a Comment

RANDOM

3/random/post-list

Popular Posts

Search This Blog

Powered by Blogger.

Cara Install Android di Raspberry PI 4

Android bisa loh diinstal di Raspberry PI 4 karena KonstaKang membangun Lineage OS 16.0 ANDROID 9. Tapi ini belum cocok untuk digunakan seh...

The Magazine

Facebook

Home Ads

Facebook

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

FACEBOOK

About

NEWSLETTER

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

Popular Posts

Recent Posts