Tutorial Join Klip pada Vegas Pro 11.0

      Sony Vegas Pro merupakan sotware editor video yang cukup handal. Namun bagi orang awam sepertinya lumayan sulit untuk menggunakan aplikasi ini. Karena cukup banyak fungsi-fungsi yang tedapat disana dan tampilannya kurang sederhana bagi pemula. Nah, disini saya akan memberikan sedikit pengenalan dasar cara pembuatan projek untuk para pemula.
      Diawali dengan join klip. Apa itu join? Ya bisa dibilang join itu memasukkan, menggabungkan atau menyisipkan berbagai klip. Disana kita bisa memasukkan video, foto atau gambar, audio, teks, slide dan lain-lain pada jendela timeline. Pada umumnya sama saja seperti editor video lainnya cukup mendrag atau menarik klip yang dikehendaki ke dalam jendela timeline yang didalamnya ada banyak track.

1. Join Video atau Gambar
     Cukup kita klik gambar  file manager kemudian pilih video atau gambar yang dikehendaki. Dalam Vegas Pro saat kita memilih video maka video tersebut secara otomatis masuk ke dalam jendela timeline dimana kursor berada.



2. Join Audio
     Kita bisa menyisipkan audio dengan klik kanan kemudian pilih insert audio track. Lalu drag audio yang diinginkan ke dalam track audio tersebut. Atau bisa langsung memilih audio dengan mengklik gambar file manager lalu pilih audio.

3. Join Teks
   Teks ini bisa dibilang hal penting dalam editor video. Mengapa? Karena dengan teks kita bisa memberikan informasi untuk penonton seperti subtitle, judul, pengenalan dll. Caranya dengan klik kanan pada track kemudian pilih insert video track. Karena vegas pro bejibun fungsi, tolong cari pada jendela explorer letaknya di sisi kiri kamu, pilih tab yang tulisannya media generator disana ada banyak pilihan tipe-tipe teks.

 


4. Join Slide
    Kayaknya udah tidak asing lagi dengan slide. Slide berfungsi mempercantik tampilan biar tidak kelihatan kaku saat berpindah klip. Bisa kita pilih berbagai tipe slide atau transisi. Dimana ya letaknya? Kamu tinggal cari aja tab transition pada jendela explorer. Gampang kan? Kamu tinggal drag transisi pilihan kamu ke track/ clip yang diinginkan di jendela timeline. Saat menyisipkannya jangan sampai kena gambar dilarang gitu itu tandanya transisinya belum join gais.




5. Join Gambar duplikat
     Kok gambar lagi? Sebenernya ini bagusnya editor video kita bisa duplikasi gambar/ video yang beda tracknya sehingga bisa jalan dalam durasi yang sama. Kalau bahasa photoshopnya mah beda layer gitu. Disini saya contohinnya kaya logo tipi-tipi.

Untuk lebih jelasnya tonton aja video yang ngulas tentang join di bawah ini



Semoga tutorial yang saya berikan bermanfaat bagi semua orang ya. Maaf kalau ada salah-salah kata. Saya juga masih belajar mas. Kalau ada yang salah, kritkan atau saran bisa tinggalkan komentar. Terima kasih.
Share:

No comments:

Post a Comment

RANDOM

3/random/post-list

Popular Posts

Search This Blog

Powered by Blogger.

Cara Install Android di Raspberry PI 4

Android bisa loh diinstal di Raspberry PI 4 karena KonstaKang membangun Lineage OS 16.0 ANDROID 9. Tapi ini belum cocok untuk digunakan seh...

The Magazine

Facebook

Home Ads

Facebook

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

FACEBOOK

About

NEWSLETTER

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

Popular Posts

Recent Posts