Traveling ke Yogyakarta 2019 ( Kereta Api Lodaya Eksekutif Bandung - Yogya )

    Ini pengalaman yang gakan ane lupain, niat nulis di blog sebagai bahan referensi aja buat kalian yang mau jalan-jalan ke Yogyakarta. Soalnya kebiasaan ane emang demen searching dulu sebelum caw travel.
    Dengan tekad modal seadanya ane bulatin travel ke yogya sama temen ane berdua 4 hari 3 malam. Mulailah berdiskusi dari moda transportasi apa yang akan dipakai, awalnya pilih naek bus karena memang harganya lebih terjangkau. Tapi setelah berbagai pertimbangan akhirnya beli tiket kereta api via traveloka. Bukan endorse ya, saking ga percayanya ane takut di app lebih mahal ane datang ke stasiun Bandung. Bandingin harga, bandingin KA apa aja yang tersedia. Dan hasilnya semua sama hehe. Jadinya lebih milih via app karena ada diskon juga lumayan, belum lagi bisa bayar pakai kartu kredit.
    Diliat waktu keberangkatan yang cocok, ane ambil kereta malem yang nyampe yogya jam 3 subuh yaitu kereta api Lodaya. Bingung nih mau pilih eksekutif atau ekonomi. Karena minim pengalaman ane pilih eksekutif. Jujur harganya lumayan nguras dompet buat ane (maklum karyawan fresh graduate hehe). Satu tiketnya 380.000 guys. Bukannya gamau naek ekonomi tapi ane takut salah pilih kursi, ga kebayang aja kan 8 jam perjalanan taunya dapet kursi yang mundur ( berlawanan dengan arah berangkat ). Cari aman jadinya pilih eksekutif.
     Nah cara meminimalisir pengeluaran ane niatin dari rumah ke stasiun naek motor biar gausah grab-graban, biar si motor nginep di stasiun. Singkat cerita sudah di stasiun lalu kita menuju boarding pass nuker kode booking dengan tiket kereta api. Suasana biasa ramai karena mungkin besok idul adha jadi banyak yang mudik. Oh ya jangan lupa kalian bawa identitas diri ya seperti KTP atau SIM karena bakal diperiksa waktu di pintu masuk. Saking patuhnya ane ga bawa barang banyak di koper takut melebihi kapasitas bagasi kereta, tapi nyatanya gak ada sama sekali pengukuran berat barang yang dibawa. Lalu kereta datang tepat waktu.
     Dan di gerbong eksekutif lumayan luas jarak antar kursi depan dengan kursi belakangnya, kursinya bisa dimundurin ke belakang sekitar 20 derajat. Di setiap kursi ada bantal, AC juga ga terlalu dingin. Karena ane duduk di kursi 8 jadi agak jauh ke TV tapi dekat ke WC hehe. Kereta Lodaya ini pemberhentian terakhirnya di Surabaya.
kereta eksekutif argo parahyangan
kereta eksekutif argo parahyangan
Saat diperjalanan ada petugas KA yang membagikan selimut. Berarti dikasih selimut dan bantal. Lumayan karena kebetulan makin malem makin dingin.
Fasilitas KA Eksekutif
Fasilitas KA Eksekutif
Di kereta juga ada restorasi, ada beberapa varian menu yang harganya cukup terjangkau. Tapi kalo mau hemat bawa makanan sendiri aja ya. Nih harga sama menu apa aja yang ada di KAI.
Menu Restorasi KA Argo Parahyangan
Menu Restorasi
Menu Restorasi KA Argo Parahyangan
Menu Makanan KAI
Penasaran sama kamar mandinya dan lumayan juga hanya bau aja duh. Kalo tiap buang air di kereta pasti berasa jadi indiana jones atau jadi agent di 007 hahaha.
Toilet KAI
Toilet KAI
    Kabar buruk datang, teman ane dapat kabar telah terjadi gempa di Bantul yogyakarta. Serasa pas banget ane mau kesana eh disananya lagi ada bencana. Ane cuma bisa berdoa aja semoga ane selamat sampe tujuan, dan dijauhi dari marabahaya.
     Jam menunjukan pukul 3 subuh dan kereta ngaret kurang lebih 15 menit, jadi sampai stasiun tugu jam 03.10 yang seharusnya 02.57. Alhamdulillah sampai juga dengan selamat. Karena masih subuh ane putusin nunggu adzan di stasiun.
Suasana Stasiun Tugu Yogyakarta
Suasana Stasiun Tugu Yogyakarta
Ane ketiduran di kursi tunggu sedangkan teman ane asyik baca buku karya boy chandra. Setelah adzan subuh ane cari grab untuk nganterin ke hotel. Tapi kayanya lebih hemat pakai ovo. Lagi-lagi bukan endorse hehe, ane mutusin cari atm gallery untuk ngisi saldo ovo karena kebetulan ane ga punya m-banking.
     Setelah terisi saldo kita order grab, karena takut grab sulit masuk stasiun jadi titik jemputnya di hotel mataram sebrang stasiun tugu. Tarifnya 25.000 sampai ke malioboro garden hotel yang terletak di jalan malioboro. Menurut ane agak mahal juga karena jaraknya gak begitu jauh dari stasiun tugu. Mungkin ane ngebandingin harga sama di Bandung. Oh ya selama mata memandang di yogya gak ada angkot. Dan cerita selanjutnya mengenai hotel yang kita pilih Malioboro Garden Hotel.

>> Cerita selanjutnya

Share:

2 comments:

RANDOM

3/random/post-list

Popular Posts

Search This Blog

Powered by Blogger.

Cara Install Android di Raspberry PI 4

Android bisa loh diinstal di Raspberry PI 4 karena KonstaKang membangun Lineage OS 16.0 ANDROID 9. Tapi ini belum cocok untuk digunakan seh...

The Magazine

Facebook

Home Ads

Facebook

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

FACEBOOK

About

NEWSLETTER

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

Popular Posts

Recent Posts